Kamis, 04 Mei 2017

Merawat Kaki Palsu agar awet

Kaki palsu  atau prostesa merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menopang seseorang agar dapat berjalan kembali dan melakukan aktivitasnya. Kaki palsu dibuat dengan melakukan pengukuran sesuai dengan bentuk atau bagian yang akan di buatkan alat bantu tersebut.
Bagian kaki yang terkena amputasi atau yang ingin dibuatkan kaki palsu haruslah selalu terlihat bersih. Begitu pun prostesa atau kaki palsu haruslah selalu bersih
Pada penggunaan kaki palsu atau tangan palsu perlu perawatan seperti halnya merawat bagian tubuh. Perawatan yang baik dan rutin tentu diperlukan agar kenyamanan dalam pemakanain tetap terjaga dan usia pakai kaki palsu lebih lama.
Baca juga : cara merawat kaki pasca amputasi
Kemudian, bagaimana cara perawatan kaki palsu yang baik? Berikut jani orthoprost informasikan
1.      Menjaga kaki palsu terhindar dari kontak dengan air
Jika beberapa bagian kaki palsu terkena air, maka akan muncul beberapa permasalahan. Pada socket, jika terkena air akan mudah lembab dan bau apek. Biasanya juga soft socket ( spon) akan mudah rusak. Pada telapak kaki karet, jika sering terkena air maka akan berakibat cepat pecah dan rusak
2.      Rutin membersihkan spon atau silicone pada socket
Membersihkan soft socket merupakan hal penting untuk memperpanjang usia pakai. Cara membersihkan soft socket cukup di lap saja. Jika memang kotor sekali, maka boleh diusap dengan lap basah. Namun jangan terlalu banyak air. Setelah di usap, maka cukup dianginkan saja. Jangan dijemur pada panas matahari karena spon akan mengeras.
3.      Selalu rutin mencuci kain kaos ( stocking/stockinet)
Pastikan stockinet juga selalu dalam kondisi bersih. Cuci rutin kaos stockinet. Apabila anda membeli kaki palsu, mintalah lebih dari 3 kaos stckinet, agar pergantian kaos bisa bergilir lebih lama. Ini juga untuk memastikan stockinet tidak cepat rusak karena terlalu sering dicuci.
4.      Cek rutin kondisi komponen kaki palsu anda
Kaki palsu memiiki beberapa bagian komponen, baik lokal maupun komponen import. Usia pakai masing-masing komponen biasanya berbeda-beda.  Untuk menjaga usia pakai keseluruhan kaki palsu, cek rutin komponen anda. Jika memang ada kerusakan pada salah satu komponen, segeralah ganti dengan komponen baru. Hal ini supaya kerusakan tidak menjalar ke komponen lain yang berakibat semakin banyak komponen harus diganti
5.      Dilepas ketika istirahat
Pemakaian kaki palsu tidak harus dipakai sepanjang hari. Hal ini juga untuk menjaga kondisi kaki palsu tetap baik. Pada saat istirahat, maka kaki palsu bisa dilepas. Selain kaki palsu, kondisi stump anda juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu lembab. Pada kondisi diabetes, kondisi lembab pada stump merupakan hal yang harus betul-betul diperhatikan.
6.      Ganti baru jika sudah tidak bisa diperbaiki
Jika memang kondisi kaki palsu anda sudah betul-betul rusak, maka segeralah ganti dengan kaki palsu baru. Karena kerusakan kaki palsu sangat berbahaya bagi anda, jika tiba-tiba patah atau aus pada komponen kaki palsu.

Demikian tips-tips kami mengenai perawatan kaki palsu. bbagi anda yang merasa kualitas komponen kaki palsu adalah hal yang sangat penting, baca juga tips-tips memilih komponen kaki palsu berkualitas

UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP DAN PEMESANAN, HUBUNGI CUSTOMER SERVICE KAMI
WHATSAPP : 0812 2543 363
PIN BBM : 7CFD06C4

Semoga bermanfaat bagi anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar